Mengenal Jenis Biaya Kartu Kredit

Kali ini Saya akan menjelaskan sedikit mengenai materi yang secara detailnya akan Saya bahas di buku terbaru Saya yang berjudul CCR For Newbie.

Materi kali ini tentang “ Mengenal Jenis Biaya di Kartu Kredit ”.

Banyak dari kita tidak menyadari bahwa banyak biaya-biaya yang sebenarnya tidak kita ketahui tapi nyatanya kita terkena biaya itu.

Biaya Apa Saja Itu?

BIAYA KOMPONEN UTAMA

Biaya komponen utama sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain :

BIAYA GESTUN

Setiap Anda melakukan gesek tunai, maka Anda akan dikenakan biaya ini, dan setelah Anda gesek tunai otomatis Anda akan mendapatkan uang secara tunai.

Jika Anda gesek kartu untuk membeli barang, maka ada beberapa toko yang membebankan charge  kepada pembeli namun ada juga yang tidak.

Membebankan charge  kepada pembeli sebenarnya tidak diperbolehkan, namun nyatanya penjual memiliki cara masing-masing untuk mendapat keuntungan secara lebih dengan membebankan charge  kepada pembeli.

BIAYA FINANCIAL CHARGE

Biaya ini akan dikenakan ketika saat jatuh tempo Anda hanya membayar minimum payment, tidak membayar secara full payment atau Anda telat dalam melakukan pembayaran.

BIAYA TARIK TUNAI

Biaya ini hanya dikenakan ketika Anda menarik tunai lewat ATM. Biasanya sekitar 4% atau Rp 50.000,- dilihat dari nominal mana yang lebih besar.

Ada yang bertanya kepada Saya “Daripada gestun, lebih baik tarik tunai di ATM saja pak, bunganya kan lebih murah hanya 2,25%”.

Jawabannya jika Anda tarik tunai di ATM, maka Anda akan dikenakan 2 jenis biaya, yaitu biaya tarik tunai dan biaya financial charge.

Tetapi jika Anda gestun, Anda hanya akan dikenakan biaya gesek tunai saja.

BIAYA LAIN-LAIN

Selain biaya-biaya diatas, terdapat biaya lain-lain yang antara lain :

BIAYA IURAN TAHUNAN

Biaya yang diberikan pihak bank kepada nasabah setiap tahunnya, bahkan sekarang ada beberapa bank yang iuran di split  menjadi iuran bulanan.

BIAYA KETERLAMBATAN

Biaya ini di sebut biaya late charge, artinya ketika Anda belum melakukan pembayaran saat sudah jatuh tempo, maka Anda akan terkena late charge.

BIAYA OVER LIMIT

Biaya ini dikenakan ketika Anda sudah mencapai over limit, dan saat ini hampir semua bank bisa over limit.

Zaman dulu jika limit Anda senilai Rp 50.000.000,- maka Anda tidak bisa menggunakan lebih dari nilai itu.

Tetapi lain dengan sekarang, saat ini bank justru mencari-cari biaya over limit, kalau tidak salah biayanya sebesar Rp 75.000,- . Cukup mahal bukan?

BIAYA CETAK TAGIHAN

Biaya ini dibebankan ketika Anda meminta tagihan dalam bentuk fisik atau cetakan, biaya yang ditangguhkan antara Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- .

BIAYA MATERAI

Biaya untuk materai.

CREDIT SHIELD

Biasanya dikenakan sekitar 0.6% dari setiap tagihan, tapi biaya ini bersifat optional.

Jadi biaya ini berupa asuransi yang tujuannya jika terjadi masalah, meninggal atau cacat tetap, maka semua tagihan akan tercover dengan yang namanya credit shield.

Inilah komponen biaya-biaya yang ada pada kartu kredit.

Untuk cara pembayaran kartu kredit, cara yang paling cocok adalah membayar di ATM.

 

Namun mungkin ada beberapa bank yang Anda sendiri tidak memiliki ATMnya, solusinya Anda bisa memakai fasilitas ATM bersama untuk melakukan pembayaran.

Saat ini ada 2 cara untuk melakukan pembayaran jika Anda ingin membayar via ATM.

 

Yang pertama masuk Menu Utama   Lain-Lain   Pembayaran   Kartu Kredit.

Misalnya Anda ingin membayar dengan nominal Rp 50.000.000,- maka Anda bisa langsung mencantumkan nominalnya.

Tetapi yang harus Anda pahami adalah jika Anda menggunakan cara ini, maka ketika Anda melakukan pembayaran hari ini,  dana akan masuk 3 hari kemudian.

Yang kedua jika Anda menginginkan pembayaran secara real time, Anda gunakan cara pilih Menu   Transfer   Antar Bank  (Masukkan Kode Bank)  (Masukkan Nomor Kartu Kredit)   Transfer.

Tetapi kekurangannya ada batasan dalam pembayaran transfer dan tiap bank tentu mempunyai batasan nominal yang berbeda-beda dalam satu harinya.

Apa yang terjadi jika jatuh temponya tepat di hari Sabtu?

 

Ketika jatuh tempo tepat di hari Sabtu, maka jawabannya simple, Anda harusnya membayar sebelum hari itu.

Hal ini tentu tidak bisa dijadikan alasan, Anda akan tetap dikenakan biaya keterlambatan atau late charge, dan jika Anda terkena late charge, Anda juga akan terkena biaya financial charge. Biaya-biaya Inilah yang membuat tagihan Anda menjadi lebih besar.

Itulah kenapa Saya bicara jika Anda join di kelas Credit Card Revolution biayanya masih terbilang murah.

Sebab secara tidak sadar jika Anda sering telat melakukan pembayaran, maka akan banyak biaya yang dibebankan kepada Anda atau mungkin tagihan Anda yang besar.

Jika seperti itu, maka biaya Anda jauh lebih besar daripada biaya workshop Saya.

Oleh sebab itu bijaklah dalam menggunakan kartu kredit dan selalu pahami aturan-aturan yang ada

Semoga Bermanfaat

Share if you like this. 🙂


About Roy Shakti Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution dan Credit Strategy For Investing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2017 - Ritz Academy - All Rights Reserved